Jumat, 20 Mei 2011

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim


Hubungan antara produk dengan faktor - faktor yang mempengaruhinya.
Faktor yang mempengaruhi Produk dari Suatu Enzim :

1. Suhu
Sebagian besar enzim mempunyai suhu optimum yang sama dengan suhu normal sel organisme tersebut.Panas yang ditimbulkan akibat kenaikan suhu dapat mempercepat reaksi sehingga kecepatan molekul meningkat. Pada suhu kurang dari suhu optimum, aktivitas enzim mengalami penurunan. Akibat kenaikan suhu dalam batas tidak wajar maka terjadi perubahan struktur enzim (denaturasi) dan bagian enzim akan terganggu sehingga konsentrasi dan kecepatan dapat berkurang.
2. pH atau Keasaman
Seluruh enzim peka terhadap perubahan derajat keasaman (pH). Enzim menjadi nonaktif bila diperlakukan pada asam basa yang sangat kuat. Kenaikan atau penurunan pH menyebabkan penurunan aktivitas enzim dengan cepat karena enzim menjadi non aktif secara irreversibel karena menjadi denaturasi protein. Umumnya enzim efektifitas maksimum pada pH optimum, yang lazimnya berkisar antara pH 4,5-8.0.
3. Substrat
Konsentrasi substrat akan menaikkan kecepatan reaksi. Akan tetapi, pada batas tertentu tidak terjadi kecepatan reaksi, walaupn konsenrasi substrat diperbesar.zat-zat penghambat.
4. Enzim
Kecepatan suatu reaksi yang menggunakan enzim tergantung pada konsentrasi tertentu, pada konsentrasi tertentu, kecepatan reaksi bertambah dengan bertambahnya konsentrasi enzim.
5. Inhibitor
Enzim dapat dihambat sementara atau tetap oleh inhibitor berupa zat kimia tertentu. Zat kimia tersebut merupakan senyawa selain substrat yang biasa terikat pada sisi aktif enzim (substrat normal) sehingga antara substrat dan inhibitor terjadi persaingan untuk mendapatkan sisi aktif . Persaingan tersebut terjadi karena inhibitor biasanya mempunyai kemiripan kimiawi dengan substrat normal. Pada konsentrasi Substrat yang rendah akan terlihat dampak inhibitor terhadap laju reaksi, kondisi tersebut berbalik bila konsentrasi substrat naik.

Dari Diagram Batang di atas dapat disimpulkan bahwa :
1. Hubungan antara jumlah enzim dan subtrat terhadap produk. Semakin banyak jumlah enzim dan substrat akan mempengaruhi jumlah hasil produk yang dihasilkan. Contoh : gambar 3.
2. Hubungan antara pH dengan produk : Apabila melebihi 7 atau kurang dari 7 maka enzim akan mengalami denatursi. Karena pH optimum pada keadaan netral adalah 7 sehingga tidak ada product yang didapatkan dalam waktu 30 detik. Contoh : gambar 6.
3. Hubungan antara pH,jumlah enzim dengan subtrat . Jika pH enzim dalam keadaan konstan serta suhu dan jumlah substrat berlebihan, maka produk yang dihasilkan akan maksimum. Contoh : gambar 7.
4. Hubungan antara produk dengan suhu. Semakin tinggi (Suhu lebih dari 400 C) maka tidak akan menghasilkan suatu produk. Contoh : pada gambar 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar